Home Trending Trending budaya negara yang berpengaruh di dunia
Trending

Trending budaya negara yang berpengaruh di dunia

Budaya negara paling berpengaruh

Trending budaya negara yang berpengaruh di dunia – Pengaruh global suatu negara sering diukur lewat kekuatan militer, politik atau ekonomi, tapi ada beberapa negara dengan kekuatan budaya – lewat makanan, mode serta hiburan – yang paling berdampak di dunia.

Baru-baru ini U.S. News and World Report menyusun peringkat negara-negara yang budayanya paling berpengaruh.

Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan faktor-faktor penilaian seperti gengsi, mode, trend, kebahagiaan, modernitas atau berpengaruh secara budaya dari sisi hiburan.

Berikut beberapa negara yang mengaruhi dunia

Italia

Terkenal karena berbagai merk desainer seperti Valentino, Armani, Versace dan Gucci, Italia mendapat nilai sempurna karena faktor ‘bergaya’ dan ‘trendy’, dan ini tidak mengagetkan bagi warga Italia seperti Lucio Buffalmano, pendiri blog ThePowerMoves.com, yang berasal dari Abruzzo, timur Roma.

“Mungkin ini klisé, tapi orang Italia sangat peduli dengan apa yang terlihat bagus, dan orang Italia memang lebih memberi perhatian daripada kebanyak orang soal terlihat bergaya.”

Namun reputasi mereka untuk memperhatikan detail tak hanya terbatas pada soal mode saja.

“Italia punya dampak besar dalam banyak hal yang berhubungan dengan gaya, dari makanan sampai furnitur,” kata Angela Corrias, yang berasal dari Sardinia tapi kini tinggal di Roma dan menulis blog di Rome Actually.

Makanan di negara itu punya pengaruh besar. Untuk merasakan secara langsung pengaruh kuliner Italia, Corrias menyarankan agar datang ke ibu kota, Roma.

“Krisis keuangan memang berpengaruh, tapi orang Roma tak akan melepaskan kebiasaan mereka makan di luar,” kata Corrias.

“Di situ, Anda bisa mengeksplorasi rasa-rasa tradisional dan juga resep yang diciptakan dengan cita rasa modern. Restoran Porto di kawasan Prati misalnya menyajikan versi makanan laut dari masakan tradisional cacio e pepe (pasta yang dibumbui keju pecorino Roma dan lada hitam), dan mungkin ini terdengar aneh, tapi kombinasi keju dan makanan laut benar-benar lezat.”

Prancis

Prancis mendapat nilai tinggi dalam aspek ‘modern’, ‘bergengsi’ dan ‘gaya’, dan gaya hidup ‘je ne sais quoi’ khas Prancis banyak ditiru oleh orang-orang di seluruh dunia.

Roobens Fils yang sudah lama tinggal di Paris tak menyadari bagaimana berpengaruh budayanya itu sampai dia melakukan perjalanan ke Timur Tengah dan Asia.

“Orang-orang di tempat-tempat yang jauh menyukai dan terinspirasi oleh makanan Prancis, seni Prancis dan gaya mode Prancis. Saya bertemu orang di Iran yang mengatakan bahwa mereka menyukai Molière! Saya kaget! Mereka tahu Molière di Iran!” kata Fils, yang menulis tentang perjalanannya di blog Been Around the Globe.

Amerika Serikat

Film, musik serta acara televisi Amerika Serikat yang dinikmati secara global membuat negara ini mendapat nilai tinggi untuk ‘modern’ dan ‘berpengaruh dalam hiburan’.

Bahkan saat negara lain telah lebih dulu melakukannya, seperti genre acara TV realita yang berawal di Inggris, Amerika Serikat diakui membuat tren itu lebih besar dan lebih populer di seluruh dunia.

Industri teknologi negara itu, yang merupakan tempat asal Facebook, Twitter, Google dan Amazon, juga memiliki dampak. Ada miliaran orang yang setiap harinya berinteraksi dengan berbagai layanan serta jaringan sosial yang populer tersebut.

Identitas Amerika yang berpengaruh ini berakar pada kekuatan kemungkinan dan bermimpi besar melebihi posisi dan situasi mereka dalam hidup yang sederhana.

“Di sini kami masih percaya dengan ‘Mimpi Amerika’, dan ini hanya mungkin terjadi di bekas koloni Inggris yang berisi pengutang, budak, orang-orang yang dipersekusi karena agama, dan orang-orang miskin dunia,” kata Andrew Selepak, profesor di departemen telekomunikasi di University of Florida, dan direktur program media sosial.

Author

Paul Jaycess

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *