Home Transportasi Transportasi umum jakarta dari jadul hingga modern
Transportasi

Transportasi umum jakarta dari jadul hingga modern

Transportasi umum berkembang pesat

Transportasi umum indonesia dari jadul hingga modern – Jakarta adalah Ibu kota dari negara kita, Indonesia. Setiap ibu kota di berbagai negara, akan meningkatkan kualitas dalam segi apapun tak terkecuali masalah transportasi umum. Tahun 2019, MRT (Mass Rapid┬áTransit) salah satu transportasi umum yang selangkah lebih maju dari berbagai sarana tranportasi di Jakarta akan mulai beroperasi. Proses pembangunan MRT sendiri telah dimulai sejak tahun 2013. Transportasi baru yang akan dinikmati oleh warga ibu kota ini hadir karena menengok ke belakang alias membandingkan dengan transportasi yang sudah ada tetapi belum bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Moda Transportasi diawali dengan penemuan roda pada kisaran 3500 SM. Konon, penemuan itu sebagai cikal bakal transportasi modern. Pada tahun yang sama juga kapal pertama kali dikembangkan.

Sebelumnya, sekira 2000 SM kuda sudah dimanfaatkan untuk moda Transportasi. Selanjutnya, kisaran 770 sepatu kuda ditemukan dan digunakan untuk pertama kalinya.

Berikut perkembangan transportasi umum di Jakarta

Transportasi Darat

Transportasi pada awalnya bermula di darat. Di zaman lampau, manusia belajar menjinakkan hewan. Hewan yang dijinakkan bisa membantu manusia berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya. Hewan yang biasa digunakan yakni kuda, unta, dan gajah. Manusia kemudian menciptakan kendaraan yang bisa ditarik oleh hewan. Ada delman atau cikar yang saat ini masih digunakan di beberapa tempat wisata seperti Monas. Setelah Revolusi Industri, mesin dikembangkan untuk menarik kendaraan ini.

Kini, kereta mengandalkan listrik dan persinyalan modern. Di Indonesia, ada mass rapid transit (MRT) yang beroperasi di bawah tanah. Indonesia juga punya industri kereta api (INKA) di Madiun, Jawa Timur. Orang yang mengemudikan kereta disebut masinis.

Transportasi Laut

Transportasi laut penting keberadaannya di Indonesia. Ini karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut. Di zaman dahulu, transportasi laut berupa perahu kayu sederhana. Lambat laun, perahu dikembangkan menjadi kapal yang mampu mengangkut hingga ribuan orang dan kendaraan. Kapal tak hanya bermanfaat untuk mengantarkan orang, namun juga wisata dengan adanya kapal cruise.

Orang yang mengemudikan kapal disebut nahkoda. Nahkoda dibantu oleh anak buah kapal (ABK). Indonesia punya industri perkapalan yang bermula di Surabaya, Jawa Timur, yakni PT PAL. Sedangkan angkutan laut milik pemerintah yakni PT Pelni dan Perum ASDP.

Transportasi udara

Transportasi udara adalah bentuk transportasi yang paling baru dan modern. Teknologi penerbangan ditemukan oleh Wright bersaudara pada 1903. Sejak saat itu, pesawat terus dikembangkan agar lebih canggih dan mampu memuat banyak penumpang.

Pesawat dikemudikan oleh pilot. Pilot dibantu oleh kopilot dan awak penerbangan. Indonesia pernah memiliki industri pesawat terbang yang bernama PT Dirgantara Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada 1976 dan dipimpin oleh BJ Habibie yang kelak menjadi Bapak Teknologi Indonesia. Di sektor komersil, Indonesia juga punya maskapai yakni Garuda Indonesia dan Merpati Airlines.

Author

Paul Jaycess

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *