Home sosial Tips mengontrol Emosi agar Tidak Mudah untuk Terpancing
sosial

Tips mengontrol Emosi agar Tidak Mudah untuk Terpancing

Mengontrol Emosi agar Tidak Mudah untuk Terpancing

Tips – Apakah kamu pernah marah sampai membentak-bentak teman kamu lalu meyesal telah melakukannya? Jika pernah, maka kamu harus tau cara untuk mengontrol emosi dalam metode regulasi emosi. egulasi emosi adalah kemampuan seseorang dalam melakukan pengontrolan terhadap emosinya.

Regulasi emosi biasanya dilakukan untuk emngetahui perilaku mana yang cocok untuk kamu saat meresakan emosi tertentu, baik itu emosi positif atau pun negatif. Berikut 5 tips untuk metode regulasi emosi:

Baca juga : Tangani Dampak Negatif Teknologi Informasi

1. Kamu perlu tahu tahapan reaksi emosi manusia
Sebelum kamu meregulari emosi pada dirimu, kamu juga perlu tahu tahapan emosi yang ada pada manusia. Karena untuk mengatur emosi, kamu harus tahu tahapan mana yang bisa kamu regulasi dari emosimu. Tahap pertama yaitu stimulus atau kejadian apa pun yang sedang terjadi padamu.

2. Kontrol Ekspresi
Setelah kamu paham tahapan reaksi emosi manusia. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol ekspektasi. Ekspektasi atau penilaian kamu terhadap stimulus tertentu sangat menentukan perilaku apa yang akan kamu perlihatkan.

3. Mengontrol Interpretasi
Misalnya ada orang yang menyenggolmu dan menyababkan dompet kamu terjatuh. Bisa saja kamu berteriak dan membentaknya. Tapi ketika kamu mengubah sudut pandang kamu dan melihatnya dari perisisi lainnya. Perilaku yang akan kamu lakukan pasti berbeda.

4. Tuangkan Emosi kamu kedalam berntuk karya
Banyak seniman yang menghasilkan karya yang luar biasa indah karena menuangkan emosi di dalam karyanya. Kamu bisa melakukannya untuk menekan perilaku negatif yang disebabkan oleh emosi. Kamu bisa membuat lagu, melukis, dan menulis saat kamu merasakan emosi tertentu. Selain bisa mengurangi perilaku negatif, dengan menuangkan emosi melalui karya, kamu bisa lebih produktif dan berkembang.

5. Kamu bisa mengontrol perilaku
Jangn terlarut dalam emosi yang terlalu lama. Selalu ingat bahwasannya perilaku adalah sesuatu yan bisa kamu kontrol. Karena perilaku adalah hasilnya nyata dari emodi yang kamu rasakan. Kamu bisa saja membentak atau malah diam saja saat marah. Itu semua tergantung pada pribadi masing-masing dalam menyikapinya. Karena kamulah yang memiliki kontrol penuh terhadap diri kamu, bukanlah orang lain.

Itu lah beberapa tahanpan untuk melatih metode regulasi emosi untuk diri sendiri agar tidak mudah untuk terpancing oleh emosi negatif.

Sumber : idntimes.com

Author

Paul Jaycees

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *