Home Society Olahan Tradisional yang Dulu Dikonsumsi Masyarakat
Society

Olahan Tradisional yang Dulu Dikonsumsi Masyarakat

Olahan Tradisional yang Dulu Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

Olahan Tradisional yang Dulu Dikonsumsi Masyarakat – Seperti yang kita tahu, Indonesia sangat kaya akan ragam kulinernya. Hampir setiap daerah memiliki kuliner andalannya masing-masing.

Indonesia dikenal memiliki keberagaman olahan kuliner. Keberagaman tersebut kemudian terus berkembang dengan inovasi-inovasi yang ada. Namun, sebelum adanya inovasi, sudah tentu menu tradisional dululah yang ada. Lalu, menu-menu apa saja yang dulunya banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia?

Untuk kamu yang penasaran apa saja menunya, berikut codecha.org akan membahas beberapa daftarnya.

Singkong dan ubi rebus

Hampir mirip dengan menu sebelumnya, untuk olahan ini juga sama-sama direbus. Namun, perbedaannya jelas terlihat sebab menu makanan ini banyak dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Sebagai sumber karbohidrat, tak heran bila masyarakat dahulu banyak yang mengonsumsinya.

Nasi jagung

Senada dengan nasi tiwul yang menjadi pengganti beras, olahan yang satu ini juga demikian. Menu ini sesuai namanya merupakan olahan yang terbuat dari jagung. Biasanya disantap bersama dengan aneka lauk layaknya menyantap nasi.

Makanan Tradisional Tetap Berjaya

Pisang rebus

Olahan pisang rebus sebetulnya masih cukup sering dikonsumsi hingga masa kini. Meskipun sudah banyak aneka inovasi kuliner dengan berbagai tambahan bahan sebagai topping-nya, namun tetap saja eksistensi dari pisang rebus bagai tak lengkang oleh waktu. Dulunya, olahan ini adalah menu favorit dari masyarakat Indonesia pada saat mengobrol santai.

Tiwul

Olahan tiwul juga biasa dikenal dengan nama nasi tiwul. Menu ini merupakan pengganti nasi yang biasanya terbuat dari bahan singkong. Selain itu, pada menu tiwul juga berikan tambahan topping parutan kelapa.

Telur asin

Makanan tradisional yang satu ini namanya masih tetap eksis bahkan hingga saat ini. Menu yang terbuat dari telur bebek ini memiliki cita rasa asin karena melalui proses pengolahan dengan menggunakan garam. Selain untuk menu camilan, menu telur asin sangat cocok untuk lauk makan.

Nah, itulah beberapa olahan yang dahulu banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mana yang menurutmu masih tetap eksis hingga kini?

Author

Paul Jaycess