Home Society Menteri Agama Minta Masyarakat Jaga Keamanan Ulama
Society

Menteri Agama Minta Masyarakat Jaga Keamanan Ulama

Ali Jaber Ditusuk, Menteri Agama Minta Masyarakat Jaga Keamanan Ulama

Menteri Agama Minta Masyarakat Jaga Keamanan Ulama – Imbauan ini disampaikan Fachrul, setelah terjadinya peristiwa penyerangan terhadap ulama atau pendakwah pada acara pengajian. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau masyarakat yang menggelar pengajian tidak hanya fokus pada terselenggaranya acara saja, tetapi juga ikut menjaga keamanan pendakwah, ustaz, dan ulama yang diundang.

“Saya imbau, semua pihak untuk ikut menjaga kelancaran acara, termasuk keamanan pendakwah,” ujar Menag di Jakarta melalui keterangan tertulis yang diterima cal-graf.com, Rabu.

Menag mengecam penusukan terhadap Syekh Ali Jaber di Lampung

Fachrul Razi sebelumnya mengecam penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung. Menurutnya, penusukan itu adalah tindakan kriminal yang harus ditindak secara hukum.

“Saya sangat prihatin dengan peristiwa yang menimpa Syekh Ali Jaber. Penusukan itu perbuatan kriminal dan pelakunya harus ditindak secara hukum dengan adil,” katanya melalui keterangan tertulis, Senin.

Keamanan terhadap aktivitas dakwah harus dijamin negara

Menurut Fachrul Razi, dakwah adalah kegiatan positif untuk mencerahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan beragama, bermasyarakat, dan berbangsa secara baik, damai, dan didasari semangat kerukunan. Keamanan terhadap aktivitas berdakwah harus dijamin negara.

“Hal ini juga sejalan dengan ikhtiar dan komitmen Kemenag untuk merawat kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Keamanan Ulama dan Pendakwah Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Panitia diminta proaktif berkoordinasi dengan pihak keamaan sangat menggelar pengajian

Menag mengatakan panitia bisa berkoordinasi dengan pihak keamanan saat akan menggelar pengajian. Apalagi, lanjutnya, jika acara tersebut adalah pengajian akbar yang mendatangkan massa.

“Keamanan ulama dan pendakwah menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pihak keamanan, tapi juga panitia yang mengundangnya,” tutur Menag. Ia berharap peristiwa penyerangan terhadap ulama tidak terulang.

Menteri Agama meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi

Menteri Fachrul mengapresiasi langkah cepat aparat dalam menangkap pelaku. Ia minta agar kasus tersebut diusut hingga tuntas. Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi.

“Percayakan penyelesaian kasus ini pada aparat,” ujarnya.

Author

Paul Jaycess