Home sosial Menhub Izinkan Semua Transportasi Beroperasi, Hotman Paris Menanggapi
sosial

Menhub Izinkan Semua Transportasi Beroperasi, Hotman Paris Menanggapi

Hotman Paris Menanggapi Kebijakan yang Tidak Ada Tujuan Pasti

Menhub Izinkan Semua TransportasiMenteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi telah memberikan keputusan terkait operasional moda transportasi. Menhub Budi menyatakan moda transportasi mulai beroperasi kembali pada 7 Mei 2020.

Rencana operasional moda transportasi akan melayani sejumlah rute di wilayah Indonesia, termasuk kota-kota yang berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun daerah terjangkit atau berstatus Zona Merah.

Baca juga : Perjuangan Para Mahasiswa Kuliah Online di Kampung, Cari Tempat Tertinggi

Keputusan Menhub Budi tersebut ternyata disoroti oleh beberapa pihak termasuk Hotman Paris. Hotman Paris bingung dengan keputusan tersebut dan menuliskan pesan menohok.

Berikut ulasan lengkapnya.

Akan Beroperasi pada 7 Mei 2020

Menhub Budi Karya menyatakan bahwa moda transportasi akan mulai beroperasi pada 7 Mei 2020. Pihaknya kini tengah menyiapkan regulasi turunan dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 tahun 2020.

Dilansir dari Liputan6.com, regulasi tersebut nantinya akan memuat ketentuan tentang kembalinya operasional moda transportasi untuk mengangkut penumpang. Tetapi, Menhub Budi menjelaskan bahwa regulasi tersebut bukan lah relaksasi, melainkan aturan penjabaran.

“Ini penjabaran ya, bukan relaksasi. Jadi dimungkinkan semua angkutan baik udara, kereta api, laut, bus untuk kembali daftar akun poker m88 beroperasi,” kata Menhub Budi dalam rapat virtual bersama Komisi V DPR, Rabu (6/5) dikutip dari Liputan6.com.

“Rencananya, operasinya mulai besok 7 Mei, pesawat segala macam dengan penumpang khusus tapi tidak boleh mudik,” imbuhnya.

Mencakup penugasa, Kegiatan Bisnis dan Logistik

Menhub Budi menambahkan bahwa nantinya perjalanan yang diperbolehkan hanya meliputi penugasan kerja, kegiatan bisnis dan logistik.

“Jadi misalnya saya ke Palembang, tapi bukan untuk mudik, tapi untuk mantau LRT, itu boleh,” terangnya.

Operasional Transportasi Terapkan Protokol Kesehatan

Meski nantinya transportasi diperbolehkan beroperasi kembali, Menhub Budi menegaskan bahwa hal tersebut harus dibarengi dengan implementasi protokol kesehatan. Untuk menerapkan protokol kesehatan, Kementerian Perhubungan akan menggandeng Tim Gugus Tugas Covid-19 dan instansi terkait lainnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan seluruh moda transportasi melaksanakan protokol kesehatan bagi penggunanya. Selain itu, seluruh petugas layanan transportasi juga diwajibkan melakukan pengetatan pemeriksaan dokumen para calon penumpang sesuai dengan Permenhub No 25 Tahun 2020.

“Seperti surat perjalanan dinas dari perusahaan harus tersedia. Untuk memastikan penumpang tidak akan mudik,” paparnya.

Tidak Mencerminkan Dukungan PSSB Kepala Daerah

Kemudian Shafruhan merujuk pada keputusan Menteri Kesehatan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yaitu membatasi pergerakan transportasi.

Menurutnya, keputusan Menhub Budi tersebut tak mencerminkan dukungan pada seluruh kepala daerah yang tengah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya.

“Salah satu keputusan Menkes dalam PSBB adalah membatasi pergerakan transportasi, tujuannya kita enggak mau penyebaran Covid-19 bertambah khususnya di wilayah Jabodetabek. Jangan apa yang sudah dilakukan pemda, lakukan PSBB, dirusak sama menteri,” paparnya.

Hotman Paris Tulis Pesan

Mengetahui keputusan Menhub Budi Karya, Hotman Paris lantas menuliskan pesan menohok. Dirinya meminta Menhub Budi untuk memberikan penjelasan.

“Aduh aduh ??? Kita ini mau kemana??? Aduh aduh aku ngak ngerti ini!!!Helpppppp bantu aku utk ngerti!!arah kemana ini??Knp donk tiap jam 3.30 di tv selalu jubir bilang agar tetap di rumah???? Aturan mana yg mau kita ikutinnnnnnnn? Aduh bingung??kok berobah robah? Apa boleh mudik dgn cara naik pesawat? Mohon penjelasan Pak Menhub!!” tulis @hotmanparisofficial.

Sumber : merdeka.com

Author

Paul Jaycees

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *