Home sosial Masyarakat Adat Khas Indonesia yang Unik
sosial

Masyarakat Adat Khas Indonesia yang Unik

Tradisi Unik Masyarakat Adat Khas Indonesia yang Masih Eksis

Masyarakat Adat Khas Indonesia yang Unik – Indonesia tak hanya besar, negeri indah ini juga sangat beragam dengan lebih dari 1300 etnis dan 740 bahasa daerah. Bisa jadi, inilah negeri paling beragam budayanya di dunia. Beberapanya sangat unik, dan tak ditemukan di tempat lain.Bisa jadi, inilah negeri paling beragam budayanya di dunia. Beberapanya sangat unik, dan tak ditemukan di tempat lain.

Indonesia dikenal kaya dengan adat istiadatnya. Masing-masing masyarakat adat memiliki tradisi unik, semuanya tampak menarik hingga ada yang Daftar IDN Poker terasa mengerikan. Menurut Badan Pusat Statistik, ada sekitar 100 suku asli yang ada di Indonesia. Berikut beberapa tradisi unik yang tetap eksis hingga saat ini.

1. Ma’nene di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tradisi Ma’nene merupakan cara masyarakat Toraja menghormati para leluhur. Menurut mereka, roh mereka tidak pernah meninggalkan keluarga. Maka dari itu, mereka punya tradisi untuk mendandani dan mengganti pakaian untuk dibawa pulang ke rumah.

Biasanya Ma’nene dilakukan setelah panen besar pada Agustus. Meski demikian, ada pula yang melakukannya pada September, setahun setidaknya ada tiga kali.

2. Omed-omedan di Bali

Omed-omedan menjadi tradisi pemuda Banjar Kaja, Desa Pakraman Sesetan, Denpasar, dalam menyambut pergantian Tahun Baru Caka. Acara ini sudah dilakukan sejak abad ke-18 Masehi.

Omed-omedan bukan tradisi ciuman seperti yang terlihat di media sosial, melainkan saling tarik-menarik. Tradisi ini hanya boleh dilakukan anggota baru masuk perguruan tinggi hingga yang belum menikah. Bagi yang sedang berhalangan dilarang untuk ikut serta.

3. Tatung di Singkawang, Kalimantan Barat

Layaknya debus, kamu yang belum terbiasa akan ngeri melihat tradisi Tatung di Singkawang. Dalam meramaikan Cap Go Meh Singkawang, ada ratusan orang yang melakukan tradisi tersebut. Tatung sendiri punya makna roh dewa dari bahasa Hakka.

Dalam menjaga kesaktiannya, mereka diharuskan melakukan beberapa ritual. Salah satunya puasa makan daging setiap tanggal satu dan 15 setiap bulannya dalam penanggalan Tiongkok.

4. Pasola di Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pasola terus berkembang menjadi sebuah tradisi turun-temurun bagi masyarakat Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Acara ini merupakan sebuah permainan ketangkasan melempar lembing kayu sambil menunggang kuda.

Pasola digelar dalam menyambut masa tanam. Zaman dahulu, mereka percaya bahwa dengan adanya kecelakaan saat acara berlangsung, hal ini menjadi pertanda baik bagi hasil pertanian. Hingga kini, mereka tetap bertarung saat Pasola guna menjaga tradisi leluhur.

5. Titi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Suku Mentawai punya tradisi menato tubuhnya yang disebut Titi. Menato tubuh di sana tidak semudah seperti kebanyakan di kota besar. Persiapannya membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Mereka akan mengadakan ritual upacara yang dipimpin dukun adat. Selanjutnya, tuan rumah harus mengadakan pesta dengan menyembelih babi dan ayam.

Motif tatonya juga tak sembarangan, karena fungsinya sebagai identitas dan jati diri Suku Mentawai. Mereka melakukannya secara tradisional dengan cara menusuk dengan jarum bertangkai kayu. Jarumnya terbuat dari tulang hewan atau kayu karai yang diruncingkan.

Itulah beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia yang harus kita tahu. Jangan lupa mengenal tradisi adat masing-masing daerah ketika kamu liburan ke sana ya. Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia!

Author

Paul Jaycess