Home Society Makanan Khas Kebanggaan Masyarakat Salatiga Jawa Tengah
Society

Makanan Khas Kebanggaan Masyarakat Salatiga Jawa Tengah

Makanan Khas Kebanggaan Masyarakat Salatiga Jawa Tengah, Harus Coba

Makanan Khas Kebanggaan Masyarakat Salatiga Jawa TengahSeringkali dilewati oleh para wisatawan sebelum menuju tempat utama, menjadikan Salatiga menjadi tempat terbaik untuk disinggahi. Selagi merefleksikan tubuh yang kaku selama perjalanan, Anda bisa melihat aneka tempat makan yang menyediakan berbagai kuliner lezat yang menggoda selera.

Berlibur ke luar kota rasanya kurang komplit jika belum mencicipi hidangan autentik setempat. Seperti ketika kamu menginjakkan kaki di Salatiga, Jawa Tengah. Berada di antara Surakarta dan Semarang, gak heran kalau kuliner yang menonjol di sana sekilas mirip dengan yang ada di dua kota tersebut.

Meskipun demikian, mayoritas makanan khas Salatiga didominasi dengan olahan daging merah, lho. Seperti daging sapi, kambing dan bebek. Bagi kamu para pencinta daging, doelgercenter.com akan membahas beberapa daftar wisata kulinermu selanjutnya, nih!

Gecok kambing

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan menu yang satu ini. Namanya gecok kambing. Biasanya kamu mengenal olahan daging kambing seperti gulai, tongseng, sate atau tengkleng khas Solo. Di Salatiga ada pula menu berbahan daging kambing yang diberi nama gecok kambing. Uniknya, masakan ini menggunakan kelapa sangrai sebagai campuran bumbu pada kuahnya.

Gudeg koyor

Gudeg tak hanya bisa ditemui di Kota Yogyakarta dan Solo saja. Di Salatiga juga terdapat makanan berbahan dasar nangka muda ini. Bedanya, gudeg di Salatiga disajikan bersama koyor sapi sebagai lauk utamanya. Selain koyor, kamu juga bisa tambah lauk lain, seperti telur pindang dan sambal goreng kerecek.

Pecel keong

Puas berwisata kuliner serba daging, cicipi juga menu sehat yang satu ini, dong. Namanya pecel keong. Isian pecel ala Salatiga ini terdiri dari tauge, bayam, daun pepaya, pakis dan bunga turi. Disiram dengan sambal kacang dan jangan lupa pelengkapnya sate keong. Kamu bisa menikmati satu porsi pecel keong ini dengan nasi maupun lontong, tergantung selera masing-masing.

Cicipi Sebelum Melanjutkan Perjalanan

Opor bebek

Umumnya kamu mengenal opor ayam yang biasa dihidangkan bersama ketupat dan sambal goreng saat lebaran. Di Salatiga kamu bisa menemukan ada opor bebek. Sama halnya dengan opor ayam yang berkuah santan, opor bebek juga menggunakan bumbu yang boleh dibilang hampir sama.

Sate sapi

Sate sapi memang umum ditemukan hampir di setiap daerah di tanah air. Tapi gak ada salahnya kamu mencicipi sate sapi khas dari Salatiga. Sate sapi di sini, menggunakan saus kacang, kecap manis dan lada sebagai bumbu utamanya. Ciri khas-nya adalah potongan daging sapi yang tebal dan besar-besar. Tapi dijamin, bumbu bisa meresap hingga ke daging dan tetap empuk kok.

Nasi rames empal

Saat berada di Salatiga, sempatkan untuk mengisi perut di siang hari dengan seporsi nasi rames empal yang legendaris. Memang lauk di nasi rames ini hampir sama dengan nasi rames pada umumnya. Yakni oseng tahu kacang panjang dan sambal. Bedanya, ada lauk empal yang jadi primadonanya.

Empal yang terbuat dari daging sapi ini digoreng hingga kering kemudian diberi taburan serundeng kelapa. Dijamin mulut gak rela berhenti makan deh.

Itu tadi rekomendasi makanan khas dari Kota Salatiga. Mengetahui beragam kuliner autentik suatu daerah akan membantumu lebih mengenal kekayaan tempat tersebut. Jadi, jika berkesempatan berkunjung ke sana kamu gak hanya memanjakan mata dengan objek wisata tapi juga lidah dengan makanan serta minuman yang mungkin tidak ditemukan di daerah asalmu.

Author

Paul Jaycess