Home Society Jenis Mie Paling Popular di Indonesia
Society

Jenis Mie Paling Popular di Indonesia

Jenis Mie Paling Popular di Masyarakat Indonesia, Mana Favoritmu?

Jenis Mie Paling Popular di Indonesia – Siapa di sini yang suka sama mie? Mie merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer di Indonesia, bahkan di dunia. Mie juga dikenal sebagai bahan makanan pengganti nasi yang banyak dikonsumsi di dunia.

Mie kerap dijadikan makanan andalan ketika waktu sempit, dan uang yang terhimpit. Hal ini dikarenakan mie memiliki harga yang murah, mudah didapat, dan cepat diolah. Tak salah banyak kreatifitas muncul untuk membuat bahan makanan yang satu ini terasa lebih enak, menarik, dan memiliki rasa yang tidak monoton.

Kira-kira dari banyaknya resep olahan mie, jenis apa ya yang paling popular dan jadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia?

Mie bihun

Mie yang berwarna putih bersih dengan tekstur yang lembut ini, terbuat dari tepung beras. Mie inipun mudah matang, sehingga cukup dengan merendam di air panas, mie bihun siap untuk diolah. Kebanyakan masyarakat menggunakan bahan mie untuk campuran sup, atau dijadikan menu mie bihun goreng.

Mie kwetiauw

Mie yang terbuat dari tepung beras dan air ini rasanya tak asing lagi. Sering kali dibuat untuk beragam menu makanan yang digoreng atau berkuah, mie kwetiauw ini berwarna putih transparan dan berbentuk pipih. Mie ini juga disebut-sebut mie yang sehat, karena gluten free.

Mie udon

Mie asal jepang yang terbuat dari tepung terigu, ini disebut sebagai makanan rakyat yang berharga murah. Bentuknya yang bulat tebal dan agak besar banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Banyak yang menggunakan mie ini untuk isi sup, atau direbus dengan campuran bumbu. Sebelum digunakan untuk hidangan, mie udon harus terlebih dahulu dimasak dalam air mendidih.

Bahan Makanan Bukan Hanya Memiliki Rasa Enak dan Menggugah Selera Tetapi Juga Kaya Nutrisi Buat Kesehatan Tubuh

Mie telur

Mie yang terbuat dari tepung, gandum dan campuran telur ini popular di kalangan masyarakat, untuk dijadikan bahan olahan mie goreng. Campuran telur di dalamnya membuat mie ini berwarna kuning cerah atau terang. Mie telur ini ada banyak ragam, seperti mie telur tebal, tipis, pipih, bulat, basah, kering. Cara memasak mie ini adalah dengan merebus di air mendidih hingga melunak.

Mie soun

Mie yang memiliki nama lain cellophane noodles ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan mie bihun, namun sebenarnya kedua mie ini berbeda. Setelah direndam di air panas, mie soun memiliki tekstur yang licin dan lebih lembek ketika dimasak. Mie soun sendiri terbuat dari pati kacang hijau, umbi-umbian atau sagu. Bahan-bahan tersebut membuat mie soun gluten free.

Misoa

Mie yang terbuat dari tepung beras memiliki warna putih namun tidak transparan, dan bertekstur lembut. Mie jenis ini juga termasuk mudah matang, dan sering digunakan untuk campuran sup, atau dibuat misoa goreng.

Mie hokkien

Mie jenis ini banyak digunakan dalam hidangan khas Asia, dan sebagai campuran hidangan tumis, mie kari, atau sup. Mie hokkien bertekstur tebal dan berwarna terang, dan biasanya tersedia dalam kondisi basah.

Nah itu tadi rangkuman informasi mengenai jenis mie yang popular di Indonesia, kalau kalian punya tambahan jenis mie lainnya yang juga popular di Indonesia,

Author

Paul Jaycess