Home Society Hidangan Ini Jadi Menu Sarapan Masyarakat Filipina
Society

Hidangan Ini Jadi Menu Sarapan Masyarakat Filipina

Variatif Abis, Hidangan Ini Jadi Menu Sarapan Masyarakat Filipina

Hidangan Ini Jadi Menu Sarapan Masyarakat Filipina – Sarapan sangat penting untuk tubuh kita. Energi yang kita butuhkan untuk seharian melewati aktivitas berasal dari nutrisi makanan pagi. Indonesia memang kaya akan beragam kulinernya. Untuk sarapan saja, orang Indonesia memiliki banyak pilihan seperti nasi goreng, lontong sayur dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika kamu sedang liburan di Filipina. Apakah negara tersebut juga menawarkan menu sarapan yang variatif seperti di Indonesia? Buat kamu yang bingung atau penasaran maka jawaban dari pertanyaan ini adalah iya, Filipina juga memiliki banyak ragam masakan yang mereka jadikan menu untuk sarapan.

Dan sama seperti masyarakat Indonesia, nasi menjadi salah satu makanan pokok yang mereka nikmati untuk sarapan. Gak percaya? Dibawah ini icsdchurches.com sudah merangkum daftar masakannya.

Arroz caldo 

Arroz caldo mirip dengan bubur ayam yang ada di Indonesia.  Hidangan ini sebenarnya berasal dari Cina namun memiliki pengaruh dari selera masyarakat Spanyol yang mendiami Filipina selama masa kolonial.

Tuyo and egg

Tuyo adalah sebutan untuk ikan asin di Filipina. Jadi tuyo and egg berarti makanan yang memadukan ikan asin dan telur. Makanan ini bisa disantap bersama nasi goreng atau nasi putih. Tuyo juga disajikan dengan salad atau acar.

Hotsilog

Hotsilok hampir sama dengan tapsilog. Namun hotsilok menggunakan hotdog yang dipadu dengan nasi goreng bawang putih dan telur goreng. Hotdog yang digunakan adalah jenis hot dog Filipina yang berwarna merah dan berair. Hot dog ini diberikan sedikit potongan di bagian sisinya lalu direbus dan digoreng.

Pandesal at kape

Pandesal at kape merupakan sarapan masyarakat Filipina yang paling simple. Menu sarapan ini terdiri dari roti dan kopi.

Kebanyakan orang Filipina memakan roti dengan cara mencelupkan nya ke dalam kopi panas. Hal ini akan memberikan sensasi tersendiri, roti akan menjadi lebih lembut dan lumer begitu masuk ke mulut.

Suku Bajau Ini Menawarkan Menu Sarapan Khas

Tortang talong 

Tortang talong  adalah telur dadar khas Filipina. Terong yang digunakan adalah terung bakar yang telah dikuliti. Terung ini kemudian dipipihkan kan lalu direndam ke dalam telur kocok sebelum digoreng. Biasanya tortang talong ini dinikmati dengan nasi putih kukus dan saus pisang.

Champorado 

Champorado merupakan puding beras kental khas Filipina yang terbuat dari beras ketan yang dicampur gula dan bubuk coklat. Makanan ini sebenarnya berasal dari Meksiko dan dibawa ke Filipina selama masa kolonial.

Tapsilog 

Tapsilog  merupakan singkatan dari tapa sinangag at itlog yang  mengacu pada tiga komponen makanan yang terdapat didalamnya. 3 jenis makanan ini  berupa daging sapi (tapa), nasi goreng bawang putih (sinangag) dan telur (itlog).

Bangsilog

Bangsilog terdiri dari nasi goreng bawang putih, telur goreng, dan Daing na bangusDaing na bangus adalah ikan bandeng yang direndam dalam campuran cuka, bawang putih merica dan garam. Ikan dan bumbu tadi biasanya direndam semalaman untuk menghasilkan rasa ikan terbaik sebelum dimasak.

Kalamay 

Kalamay  terbuat dari santan, beras ketan dan gula merah. Makanan ini mirip dengan kalamai yang ada di Indonesia.

Seperti di Indonesia, di Filipina sendiri ada banyak jenis kalamai yang dibedakan berdasarkan bahan tambahan dan gaya penyajian. Selain untuk sarapan, kalamai juga dapat dinikmati sebagai camilan.

Taho

Taho  adalah sajian dari tahu dengan cita rasa manis. Menu sarapan yang satu ini terbuat dari perpaduan tahu sutra dan sagu mutiara yang disiram dengan saus kental yang terbuat dari gula merah. Terkadang ada juga yang mengunakan sirup dengan rasa buah sebagai pengganti gula merah.

Tortang giniling 

Tortang giniling adalah telur dadar yang dibuat dengan mencampurkan daging giling ke dalamnya. Meski ada yang menggorengnya seperti membuat omelet pada umumnya, namun kebanyakan masyarakat filipina memasak adonan ini seperti pancake dengan menuang sedikit adonan hingga menghasilkan omelet dengan ukuran yang lebih kecil.

Itu dia hidangan yang menjadi menu sarapan populer di Filipina. Enggak hanya hidangan yang bercita rasa gurih, untuk sarapan pun terkadang mereka memilih hidangan bercita rasa manis. Kalau kamu sendiri lebih suka yang mana?

Author

Paul Jaycess