Home Society Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami
Society

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami – Bermain-main dengan kincir angin yang dibuat sendiri tentu menyenangkan. Proses pembuatannya pun bisa jadi mengasyikkan, apalagi kincir angin yang dibuat beda dengan buatan orang lain.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Hal ini tentunya dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan selama di rumah. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya bersama teman-teman sebagai keterampilan untuk hiasan.

Kertas origami berwarna-warni yang nantinya dijadikan kincir angin ini tentunya disukai banyak anak-anak. Selain karena warnanya, kincir angina dari kertas origami ini cocok sekali dijadikan dekorasi dalam ruangan ataupun di pekarangan agar terlihat makin indah.

Cara membuat kincir angin dari kertas origami bisa diikuti dengan mudah. Dengan membuat kincir angin dari kertas origami tentunya juga akan mengasah keterampilan dan kreatifitas kamu. Perlu diperhatikan, kamu tetap harus berhati-hati dalam membuatnya, terutama saat menggunakan gunting.

Berikut tentang cara membuat kincir angin dari kertas origami.

PLUTORIUS: Cara membuat "Kincir Angin"

Sediakan Alat dan Bahan

Cara membuat kincir angin dari kertas origami ini bisa kamu ikuti di rumah. Jika perlu bantuan, kamu bisa meminta tolong papa mama atau kakak untuk melakukan bagian yang agak sulit dilakukan.

Sebagai cara membuat kincir angin dari kertas origami, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan-bahannya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk berhati-hati agar tangan kamu tidak terluka dan kincir angin yang kamu buat memiliki bentuk yang indah.

Alat dan bahan:

  • Kertas Origami
  • Penggaris
  • Pensil atau pulpen
  • Pewarna untuk kertas seperti spidol, krayon, atau cat
  • Lem kertas
  • Jarum pentul
  • Tongkat kayu kecil

Menggambar Pola

Ilustrasi pensil warna

Sebagi cara membuat kincir angin dari kertas origami pertama, kamu perlu membuat gambarnya terlebih dahulu agar lebih mudah. Setelah selesai menggambar pola, kamu bisa menggunting sesuai dengan pola tersebut, sehingga prosesnya akan semakin mudah dan rapi.

Sebagai cara membuat kincir angina dari kertas origami, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat pola persegi yang memiliki ukuran 17,5 x 17,5 cm dengan menggunakan penggaris di sebuah kertas yang kosong. Garis kertas tersebut menggunakan pensil, lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang telah dibuat.

2. Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat. Bagian tengah kertas harus berada pata titik 8,75 cm.

3. Gunakan pensil untuk membuat garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk dihapus. Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem.

4. Usahan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda, ya. Selain menggunakan kertas warna, kamu juga bisa menggunakan lapisan alumunium, sehingga kincir angin tampak berkilau saat terkena pancaran sinar.

5. Tunggu kertas yang diwarnai tadi mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek.

6. Kalau kertas yang diberi warna tadi sudah selesai, selanjutnya membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.

7. Buatlah gambar garis di setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses ini pada setiap sudut yang ada, sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah.

Menggunting dan Menambah Tiang

Setelah selesai dengan menggambar pola, cara membuat kincir angin dari kertas origami selanjutnya adalah menggunting dan menambahkan tiangnya.

Sebagai cara membuat kincir anginya dari kertas origami, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan mengguntingnya terlalu panjang. Sisakan jarak sekitar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misalnya, A, B, C, dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.

2. Menambahkan tiang untuk kincir angin

3. Setelah itu lipat kertas pada sisi yang sudah diberi tanda A, B, C, dan D tadi ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan, setelah itu masukkan jarum pentul tepat di pusat lipatan A, B, C, dan D semuanya bertumpuk menjadi satu. Kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.

4. Setelah itu letakkan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu kecil yang telah kamu siapkan. Basahi kayu dengan menggunakan air, lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Pastikan jarum menancap pada kayu dengan kuat.

5. Sekarang, kincir angin kertas sudah jadi dan siap untuk dimainkan atau dijadikan dekorasi di rumah.

Author

Paul Jaycess