Home Organizations Polri Siap Menindak Tegas Oknum Ormas yang ‘Razia’ Produk Prancis
Organizations

Polri Siap Menindak Tegas Oknum Ormas yang ‘Razia’ Produk Prancis

Polri Siap Menindak Tegas Oknum Ormas yang ‘Razia’ Produk Prancis

Polri Siap Menindak Tegas Oknum Ormas yang ‘Razia’ Produk Prancis – Seruan boikot terhadap produk Prancis seperti yang disuarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) diragukan efektifitasnya dan oleh pengamat ekonomi dan seorang tokoh Nahdlatul Ulama. Selain karena nilai impor Prancis ke Indonesia relatif kecil, pemboikotan juga tak memberi solusi atas persoalan mendasar yang terjadi di sana, yakni pertentangan antara nilai-nilai agama dengan sekularisme ektrem.

Polri menyikapi sejumlah aksi penyisiran produk-produk Prancis yang berakhir pembakaran, yang diduga dilakukan sejumlah oknum organisasi masyarakat (ormas) di beberapa daerah. Polri rencananya akan berkoordinasi dengan TNI dan satuan pengamanan pengelola tempat perbelanjaan, atau toko-toko yang berpotensi menjadi sasaran massa.

Fenomena ini terjadi sebagai respons masyarakat dunia, khususnya umat muslim, terkait dengan pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina Poker Online Terpercaya 2021 Islam. Macron sebelumnya menegaskan tak akan melarang penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW, demi menghormari kebebasan berekspresi. Macron juga sempat mengasosiasikan Islam dengan sejumlah tindakan terorisme. Bahkan, negara-negara Islam memprotes sikap Macron, dengan memboikot produk Prancis. Sejumlah organisasi Islam di Eropa juga melakukan protes atas tindakan presiden Negeri Mode itu.

1. Polri ingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum
Polri Siap Tindak Oknum Ormas yang 'Razia' Produk Prancis

Polri mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan ajakan-ajakan untuk memboikot produk asing lewat media sosial, khususnya produk Prancis yang kini marah terjadi. Awi mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum dan masyarakat harus patuh pada aturan yang ada.

“Jangan sampai main hakim sendiri, jangan sampai berbuat anarkis, dan tentunya hal tersebut tidak di perkenankan oleh hukum,” kata dia.

2. Polisi akan tetap ambil langkah hukum jika ada masyarakat melawan hukum

Polri Siap Tindak Oknum Ormas yang 'Razia' Produk Prancis

Namun, kata Awi, jika masyarakat tetap melakukan pemboikotan sejumlah produk Prancis dengan dasar kecaman kepada Presiden Emmanuel Macron, polisi juga akan mengambil langkah hukum.

“Kalau pun sampai terjadi, tentunya Polri akan mengambil langkah-langkah yang tegas untuk menegakkan hukum tersebut,” kata dia.

3. Polri mengajak masyarakat berpikir jernih

Polri Siap Tindak Oknum Ormas yang 'Razia' Produk Prancis

Hal senada juga di ungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Dia mengatakan akan ada pengamanan berlapis objek vital seperti mal dari aparat kepolisian.

Selain itu, Yusri juga mengajak masyarakat agar bisa berpikir jernih dalam menanggapi isu yang ada.

“Itu mereka menyampaikan aspirasinya walau pun kita mengharapkan, mari kita berpikir jernih. Ada aturan hukum di sini, percayakan kepada pemerintah dalam hal ini.”  Kata dia kepada awak media di Polda Metro Jaya.

Author

Paul Jaycess