Home Organizations Nikaragua Bentuk Organisasi Luar Angkasa untuk Misi Antariksa
Organizations

Nikaragua Bentuk Organisasi Luar Angkasa untuk Misi Antariksa

Nikaragua Bentuk Organisasi Luar Angkasa untuk Misi Antariksa

Nikaragua Bentuk Organisasi Luar Angkasa untuk Misi Antariksa – Nikaragua, secara resmi Republik Nikaragua, adalah sebuah negara berbentuk republik di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras di sebelah utara, Kosta Rika di selatan, Samudera Pasifik di barat, dan Laut Karibia di timur.

Negara ini adalah yang terbesar di wilayah tersebut dan yang paling rendah kepadatan penduduknya. Nama Nikaragua diambil dari kata Nicarao, sebuah nama suku di pesisir Lago Nicaragua dan kata agua yang berarti air dalam bahasa Spanyol.

Orang-orang Nicarao tersebut datang dari utara setelah jatuhnya Teotihuacán atas anjuran dari pemuka agama mereka. Pemerintah Nikaragua resmi membentuk Badan Luar Angkasa dan Bulan pada Rabu. Organisasi pemerintah tersebut resmi dibentuk setelah mendapat deposit sbobet online persetujuan dari legislator yang didominasi oleh anggota parlemen sekutu Presiden Daniel Ortega.

1. Resmikan pembentukan badan luar angkasa

Pemerintah Nikaragua telah membentuk sebuah Badan Luar Angkasa sejak hari Rabu. Organisasi milik negara tersebut resmi di bentuk setelah disetujui sebanyak 76 dari 96 anggota parlemen di mana mayoritas berasal dari Partai Sardinia yang merupakan partai Presiden Daniel Ortega, di lansir dari El Tiempo.

Melalui sekretariat luar angkasa, Nikaragua menginginkan pembangunan efektif untuk meningkatkan kapasitas negara dalam hal pendidikan, industri, penelitian ilmiah dan berbagai cabang teknologi. Presiden Daniel Ortega juga mengungkapkan apabila,

“Nikaragua sedang mempromosikan pembangunan luar angkasa meliputi sistem media, teknologi dan infrastruktur”

2. Nikaragua di sebut belum mampu tangani penelitian luar angkasa

Melansir dari AP News, organisasi tersebut nantinya berada di bawah militer Nikaragua yang sebelumnya tidak memiliki program luar angkasa. Sementara menurut seorang geologis dari Akademi Geografi dan Sejarah Nikaragua, Jaime Incer Barquero mengatakan jika, “Nikaragua tidak memiliki kapasitas dan tradisi dalam penelitian ilmiah, tidak memiliki observatorium luar angkasa. Kita sebagai negara belum mampu secara ilmiah untuk menangani penelitian ini”

Pernyataan Daniel Ortega tersebut juga mengejutkan di Nikaragua lantaran negara tersebut sedang mengalami masalah sosial politik dan krisis HAM sejak April 2018. Serta menjadi negara ketiga termiskin di Benua Amerika, di mana mayoritas perekonomiannya di tunjang dari sektor informal tanpa adanya perlindungan sosial dan rendahnya pendapatan, di kutip dari El Tiempo.

3. Mendapat kritik dari publik Nikaragua

Melaporkan dari AP News, ketika inisiatif dari Ortega ini di umumkan pada bulan lalu, terdapat kritikan dan meme di sosial media untuk Ortega dan istrinya, serta Wakil Presiden Rosario Murillos. Pada meme tersebut di gambarkan mereka mengenakan baju astronot dan menggambarkan polisi mengambil alih Bulan.

Di samping itu terdapat kritikan yang menyebutkan bahwa negara tidak memiliki uang untuk menggapai mimpi eksplorasi luar angkasa. Bahkan Nikaragua belum mendapatkan vaksin COVID-19 hingga kini. Dan sedang ada dalam krisis sosial dan ekonomi sejak pemerintah di guncang protes massal sejak 2018.

Mengutip dari La Jornada, pemimpin oposisi Gerakan Putih Biru, Félix Madariaga juga ikut melontarkan kritikan yang menyebutkan,

“Ortega Murillos hidup di Bulan, sedangkan permasalahan di Bumi seperti pengangguran, keamanan dan kriminalitas telah mencekik warga. Selain itu, mereka menciptakan sekretariat untuk kepentingan luar angkasa. Sedangkan pemerintahan demoraktis mampu menangani permasalahan utama negara yang sangat mendesak”

Author

Paul Jaycess