Home Organizations Menciptakan Budaya Organisasi Dengan Melakukan Hal-hal Berikut
Organizations

Menciptakan Budaya Organisasi Dengan Melakukan Hal-hal Berikut

 Menciptakan Budaya Organisasi Dengan Melakukan Hal-hal Berikut

Menciptakan Budaya Organisasi Dengan Melakukan Hal-hal Berikut РOrganisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis)

Budaya organisasi di dalam perusahaan merupakan suatu tradisi dan kebiasaan yang bertujuan terciptanya suatu sistem yang kolektif untuk seluruh anggota di organisasi. Budaya organisasi terkadang menjadi ciri khas suatu perusahaan, yang pada dasarnya memiliki budaya yang unik dan pastinya sangat efektif.

Makanya, adanya budaya organisasi di dalam perusahaan sangatlah penting karena mampu menghadirkan suatu idn poker deposit pulsa 10000 kenyamanan dan keterikatan kerja di dalam perusahaan. Tentunya hal ini sangat berpengaruh secara positif untuk diri karyawan maupun perusahaan.

1. Jelaskan konteks yang mudah di pahami untuk menjelaskan budaya yang akan dianut

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menciptakan Budaya Organisasi

Bagi perusahaan yang ingin menciptakan budaya organisasi, pada dasarnya harus mampu menjelaskan konteks dasar yang mudah di pahami kepada seluruh anggota di organisasi tersebut. Ini sangat penting, karena untuk menghindari suatu ambiguitas dan kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.

Maka, tulislah konteks tersebut dengan jelas dan memenuhi substansinya. Dan bagikan selebaran tersebut ke seluruh karyawan. Nanti akan terjadi suatu pergolakan di dalam organisasi, yang memiliki keberpihakan antara setuju maupun tidak.

Lalu jelaskanlah secara verbal konteks tersebut. Dan uraikan manfaat yang akan terjadi ketika budaya tersebut dijalankan di organisasi.

2. Persetujuan bersama melegitimasi terciptanya budaya organisasi yang diciptakan

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menciptakan Budaya Organisasi

Setelah menguraikan dan menjelaskan konteks budaya organisasi yang akan di adopsi, maka tinggal bagaimana cara perusahaan untuk mempengaruhi seluruh karyawan untuk setuju dengan konteks tersebut. Jangan mengambil keputusan secara sepihak.

Lakukan jajak pendapat atau pengambilan suara untuk membuktikan apakah budaya organisasi yang akan di ciptakan di setujui secara mayoritas atau tidak. Karena persetujuan seluruh anggota organisasi akan melegitimasi terciptanya budaya organisasi tersebut.

3. Adanya insentif sangatlah penting dalam budaya organisasi

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menciptakan Budaya Organisasi

Alasan di setujui atau tidaknya budaya organisasi yang akan di ciptakan adalah besar atau kecilnya insentif yang di berikan. Insentif tidak hanya masalah bonus, promosi, dan kenaikan gaji saja, terkadang insentif yang di berikan lebih ke arah kenyamanan, kepuasan, dan produktivitas yang akan di dapatkan oleh seluruh karyawan.

4. Budaya organisasi harus sesuai dengan ideologi inti, jangan hanya ikut-ikutan

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menciptakan Budaya Organisasi

Yang harus di ingat adalah, menciptakan budaya organisasi haruslah sesuai dengan ideologi inti perusahaan, jangan ikut-ikutan dengan perusahaan lainnya. Karena maksud adanya budaya organisasi ialah untuk mendukung ideologi inti perusahaan.

Akan hal itulah, apabila perusahaan tersebut bercitra ke arah fleksibilitas, maka budaya organisasi harus mendukung hal tersebut. Dan apabila perusahaan mendukung kebebasan karyawan, maka ciptakan budaya otonom karyawan dalam hal berpendapat.

5. Budaya organisasi harus di iringi dengan konsistensi

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menciptakan Budaya Organisasi

Setelah terciptanya budaya organisasi di perusahaan, maka tinggal bagaimana budaya tersebut terus di lakukan dan di pertahankan oleh seluruh organisasi tersebut. Konsistensi sangat di pertaruhkan dalam hal ini.

Jangan sampai budaya organisasi usang dan bahkan di langgar oleh pihak eksekutif maupun seluruh karyawan. Konsistensi akan tercipta ketika persetujuan budaya organisasi tersebut di setujui secara bersama. Begitupun sebaliknya.

Nah, itulah lima hal yang harus di lakukan dalam menciptakan budaya organisasi di dalam perusahaan. Budaya organisasi sangatlah penting untuk perusahaan. Akan tetapi, dalam menciptakannya di butuhkan suatu pemikiran yang besar dan inovatif. Tanpa di lakukannya lima poin di atas, maka budaya organisasi pastinya tidak akan pernah benar-benar tercipta.

Author

Paul Jaycess